Penjagaan 24 Jam Non-Stop, FPIK Undip Sukses Laksanakan Qurban Idul Adha 1433 H


DETIK – DETIK TERAKHIR – Suasana detik-detik terakhir menjelang penyembelihan hewan qurban 1433 H di Kampus FPIK Undip Tembalang, Semarang

Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1433 H, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip mengadakan kegiatan penyembelihan hewan qurban. Penyembelihan hewan qurban tersebut dilaksanakan sehari setelah hari raya Idul Adha, yakni pada hari Sabtu, 27 Oktober 2012.

Bertempat di pelataran musholla kampus FPIK Undip sebagai tempat “eksekusi”, beberapa orang panitia terlihat sudah berdatangan sejak pagi hari untuk mempersiapkan segala keperluan untuk melaksanakan penyembelihan dan pemotongan daging qurban. Sebelumnya, beberapa hewan qurban yang akan disembelih sudah terlebih dahulu didatangkan ke kampus. Ada yang sudah tiba saru hari sebelum Idul Adha, ada yang malam sebelumnya, maupun setelah sholat Idul Adha selesai dilaksanakan. Sehingga, hewan-hewan qurban yang datang sebelum hari penyembelihan ditambat terlebih dahulu di pelataran musholla.

Mengingat hal tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terhadap hewan qurban, pihak panitia mau tidak mau harus melakukan penjagaan siang dan malam agar keberadaan hewan qurban itu tetap aman sampai dilaksanakannya proses penyembelihan. Panitia yang merupakan pengurus Al-Bahrain FPIK melakukan pengawasan 24 jam non-stop. Penjagaan dilakukan dengan mengawasi hewan qurban dari musholla secara bergiliran dengan menginap ditempat oleh beberapa orang yang kebetulan waktu itu tidak sedang pulkam (pulang kampung) hingga hari-H penyembelihan qurban tiba.

24 Jam Non-Stop – Beginilah kondisi ketika dilakukan penjagaan hewan qurban yang dilakukan oleh panitia dari pagi-siang-malam untuk menjamin keamanannya sampai diadakannya penyembelihan

Dan tibalah di hari-H penyembelihan. Hewan qurban yang semuanya merupakan hewan kambing dari hasil iuran dan sumbangan dari beberapa donator atau lembaga disembelih satu per satu dan dagingnya dipotong-potong. Proses penyembelihan hingga pemotongan berlangsung meriah dan para panitia yang bukan hanya dari kalangan pengurus Al-Bahrain FPIK, tapi juga dari UKK lain, juga tampak antusias untuk melakukan pemotongan hewan yang diadakan setahun sekali tersebut.

Hewan qurban yang sudah disembelih, kemudian dagingnya dipotong kecil-kecil di halaman pelataran selatan musholla yang sebelumnya telah dipasang plastik berukuran besar agar tidak membekas darah pada dagingnya. Daging yang sudah dipotong-potong kecil itu kemudian dikelompokkan dan dimasukkan ke dalam takaran-takaran plastik untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar kampus. Salah satu diantaranya adalah ke Rumah Tahfidz “Al-Husna” di daerah Meteseh, Tembalang, Semarang.

QURBAN FPIK UNDIP 1433 H – Suasana ketika dilakukan pemotongan dan pengelompokan daging qurban di pelataran Musholla Kampus (Atas), ketika menguliti kulit hewan qurban (Kiri), melakukan sumbangan ke Rumah Tahfidz “Al-Husna” (Tengah), dan moment keceriaan saat mempersiapkan sate hewan qurban (Kanan)

Selain disumbangkan ke beberapa masyarakat sekitar kampus, yang menyembelih hewan qurban pun juga tidak mau kehilangan kesempatan untuk mencicipi daging qurban. Sehingga, ada yang berinisiatif untuk membuat semacam sate dari daging kambing dengan cara ditusuk dan dibakar bareng-bareng di kampus.

Dengan ini, segenap panitia qurban FPIK mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan penyembelihan qurban Idul Adha 1433 H ini. Baik yang berpartisipasi dalam bentuk sumbangan, jasa, fisik, maupun yang lainnya. Semoga amalan yang telah dilakukan mendapatkan keberkahan disisi-Nya dan semoga kita masih diberi kesempatan untuk bisa bertemu dengan hari raya Idul Adha tahun depan. Aamiin…

Posted on November 5, 2012, in Acara dan Kegiatan, Kilas Kampus, Special Moment. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar