Filosofi Logo

a . Bulan dan Bintang :
Melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Dan hanya Allah swt satu-satunya Tuhan yang wajib disembah.

b. Pola Gambar Yang Berbentuk Ikan dan Laut :
Sebagai simbol bahwasannya kampus FPIK UNDIP terdiri dari 2 Jurusan, yakni : Jurusan Perikanan, dan Jurusan Ilmu Kelautan.

c. Warna Biru :
Mengambarkan warna kebesaran almamater Universitas Diponegoro Semarang. Sebagai analogi dari slogan “Aku Cinta Undip”. Menunjukkan bahwa kader-kader Rohis Al-Bahrain FPIK juga merupakan bagian dari civitas akademika UNDIP yang senantiasa menjunjung tinggi almamater.

d. 6 Gelombang Ombak :
Sebagai simbol bahwa FPIK memiliki 6 Program Studi, yaitu :
4 prodi dari Jurusan Perikanan : MSP (Manajemen Sumberdaya Perairan), BDP (Budidaya Perairan), THP (Teknologi Hasil Perikanan), PSP (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan) serta 2 prodi dari Jurusan Ilmu Kelautan : Ilmu Kelautan dan Oseanografi.

e. Lingkaran Cawan Petri :
Lingkaran warna putih dianalogikan sebagai cawan petri (alat yang biasa digunakan di laboratorium). Diharapkan kader-kader Rohis FPIK tidak hanya mahir dan kompeten dalam bidang agama, tapi juga dalam ilmu pengetahuan sebagai “muslim scientist”. Warna putih melambangkan kesucian.

f. Tulisan “Al-Bahrain” Dalam Bahasa Arab :
Merupakan huruf sekaligus bahasa yang dipakai dalam kitab suci Al-Qur’an dan As-Sunnah. Diharapkan sebagai ummat nabi Muhammad SAW, nantinya kader-kader rohis Al-Bahrain FPIK UNDIP bisa senantiasa berpedoman kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah.

g. QS. 16:14 = QS. An-Nahl ayat 14 :
Ayat tersebut memiliki arti :
“Dan Dialah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai…”
Merupakan sebuah penggambaran betapa potensialnya laut berserta apa-apa yang ada di dalamnya. Maka dari itu tidak salah jika FPIK UNDIP ini didirikan untuk lebih mempelajari apa yang sudah dijanjikan dalam Al-Qur’an tersebut.

h. Pita Luar Warna Kuning:
Warna Kuning melambangkan warna cahaya dakwah yang selalu memberikan pencerahan.

i. Pola Pita Terangkai “Saling-Silang”
Menggambarkan tali persatuan. Dimana pola saling silang ini dianalogikan sebagai seseorang yang sedang berjabat tangan. Dengan berjabat tangan akan tumbuh rasa persatuan dan kesatuan. Ini juga sebagai analogi bahwa kedua rohis yang ada di 2 jurusan FPIK telah bersatu.
Pola pita yang tersusun saling silang yang selalu bergantian antara atas dan bawah membuat kedua tali pita itu tidak dapat dipisahkan kecuali jika terputus salah satunya. Diharapkan kader-kader Rohis Al-Bahrain FPIK UNDIP dari kedua jurusan selalu terjaga tali silaturahimnya dan tidak akan pernah terputus.

j. 2 Pita Berwarna Kuning Warna :
Kuning pada pita dianalogikan sebagai cahaya dakwah yang terus memberikan sinar pencerahan. Terdapat 2 pita merupakan penggambaran dakwah yang dilakukan oleh kader-kader Rohis Al-Bahrain FPIK dari kedua jurusan yang ada di FPIK secara bersama-sama.

k. Kombinasi Warna “Merah-Putih” Pada Lambang:
Melambangkan Nasionalisme. Diharapkan kader-kader Rohis Al-Bahrain FPIK tidak hanya berkompeten dalam agama maupun pengetahuan scientist-nya, tetapi juga peduli dengan bangsa Indonesia dengan memiliki jiwa dan semangat nasionalisme sebagai bagian dari warga negara NKRI.

l. Gelembung Udara Berjumlah Total 17
Menunjukkan tanggal 17 Shafar 1433 H (atau pada hari Kamis, 12 Januari 2012 M), tanggal dimana kedua UKK rohis jurusan, yaitu Al-Bahrain Kelautan dan Formasi Perikanan mengadakan muktamar bersama untuk yang pertama kalinya sepanjang sejarah berdirinya FPIK UNDIP yang merupakan langkah awal bersatunya kedua Rohis FPIK. Dianalogikan gelembung karena gelembung merupakan udara sumber kehidupan di dalam laut.

m. Gambar Menara Masjid Sebagai Huruf “I” Pada Kata “FPIK”:
Menara Masjid. Masjid adalah tempat ibadah ummat Islam. Diharapkan kader-kader Rohis Al-Bahrain FPIK UNDIP tidak lupa untuk memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah dengan sering sholat jama’ah di masjid, atau bentuk ibadah yang lainnya. Menara masjid ini juga bisa digunakan sebagai salah satu ciri khas dari tulisan FPIK UNDIP disbanding dengan fakultas yang lain.

n. 3 Tingkatan Gelombang
Menunjukkan 3 aspek dalam agama Islam yang harus dimiliki seorang mukmin agar menjadi hamba yang benar-benar bertaqwa, yaitu Islam, iman dan ikhsan.

o. Pola Persegi Delapan Dianalogikan Sebagai 8 Arah Mata Angin
Merupakan analogi bahwa dakwah Islam itu luas, mencakup segala arah aspek kehidupan, tidak pandang bulu harus ke mana dakwah tersebut disampaikan. Karena Islam adalah rahmat bagi “seluruh” alam semesta beserta isinya.

*) Untuk tulisan “Al-Bahrain FPIK Universitas Diponegoro” dibagian bawah sifatnya bisa dicantumkan atau tdk dicantumkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: