Dibalik PMB FPIK 2012 : 70-80 % Mahasiswi Baru Telah Berjilbab (Bagian 2/Habis)


Beberapa mahasiswi sedang mengikuti kegiatan PMB FPIK 2012. Dari hasil pengamatan, meski Grand Opening Mentoring FPIK 2012 belum diadakan, sekitar 70-80 % mahasiswi baru FPIK 2012 tampak telah mengenakan jilbab

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip telah menyelenggarakan kegiatan PMB fakultas pada tanggal 28 September – 1 Agustus 2012. FPIK sendiri untuk tahun akademik 2012/2013 ini menerima total mahasiswa baru sebanyak 631 mahasiswa yang terdiri dari berbagai program studi. Untuk masing-masing jurusan, dari jurusan Perikanan  terdiri dari mahasiswa program studi Pemanfaatan Sumber daya Perikanan (PSP) sebanyak 108 orang, program studi Manajemen Sumber daya Perairan (MSP) sebanyak 114 orang, program studi Budidaya Perairan (BDP) sebanyak 104 orang, dan program studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) sebanyak 104 orang.

Sedangkan dari jurusan Ilmu Kelautan, mahasiswa baru dari program studi Ilmu kelautan (IK) sebanyak 97 orang. Kemudian dari program studi Oseanografi (OSE) sebanyak 104 orang. Sehingga, secara keseluruhan mahasiswa baru FPIK 2012 sebanyak 631 orang.

Fenomena yang terjadi pada kegiatan PMB fakultas yang berlangsung selama 5 hari di kampus FPIK tersebut bermacam-macam. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, para mahasiswa baru tampak “serasi” dengan seragam hitam putih dihiasi dengan cocard yang digantungan dileher mereka. Ada yang sangat antusias, ada yang terlihat sudah persiapan menuju ke kampus dari shubuh, ada yang dating tepat waktu, namun ada pula yang terlambat sehingga harus berurusan dengan komdis.

Namun, dari sekian banyak fenomena yang ada, terdapat satu fenomena yang berbeda dari diluar ketatnya peraturan PMB untuk mahasiswa baru. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan dilapangan,ternyata banyak mahasiswi baru FPIK yang telah memakai jilbab atau kerudung. Hal itu bisa dilihat banyaknya dari mereka yang didominasi warna putih saat duduk atau jika dilihat dari sudut atas. Dari pengamatan yang ada, mahasiswi yang telah mengenakan jilbab persentasenya sekitar 70-80 % dari jumlah total mahasiswi secara keseluruhan.

Mahasiswa baru sedang mengikuti rangkaian acara PMB FPIK 2012 diruang D111 Gedung D FPIK Undip Tembalang. Tampak dalam gambar perbandingan antara mahasiswa dengan mahasiswi hampir sama. Dan untuk mahasiswi, mayoritas dari mereka telah mengenakan jilbab/berkerudung

Seperti diketahui, dari total 631 mahasiswa baru yang diterima di FPIK Undip, sekitar 90% diantaranya beragama Islam. Atau bisa dikatakan tak kurang dari 550-an lebih mahasiswa baru FPIK 2012 merupakan mahasiswa muslim. Dari jumlah sekitar 550-an, perbandingan jumlah mahasiswa putra dengan mahasiswi putrid hampir seimbang.

Mungkin fenomena unik tentang mahasiswi yang mayoritas berjilbab ini bukan apa-apa. Tapi semoga ini merupakan suatu tanda akan adanya suatu keadaan yang lebih islami dilingkungan kampus FPIK, terutama menjelang GOM. Dan semoga menjelang berlangsungnya GOM maupun setelahnya, budaya berjilbab dilingkungan FPIK tetap terjaga atau bahkan semakin bertambah. Aamiin…

Iklan

Posted on September 14, 2012, in Kilas Kampus. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: